HomeBlog Guacamole: Saus Alpukat Unik Ala Mexico

Guacamole: Saus Alpukat Unik Ala Mexico

Posted in : Blog, Menu on by : oaxacain

Masakan mexico selain identic dengan keunikannya, sepertinya juga tidak bisa dilepaskan dengan adanya saus. Mungkin ada banyak sekali saus yang telah ditemukan di Mexico, baik itu saus yang cenderung tradisional sampai saus modern yang eksis saat ini. Tapi walaupun sekarang ini banyak saus kreasi terbaru yang menambah cita rasa masakan Mexico, ada saus yang memang tergolong tradisional dan masih bertahan hingga sekarang. Saus tersebut adalah saus guacamole. Siapa yang tidak mengenal saus guacamole? Bahkan bagi mereka yang bukan penggemar masakan Mexico pun, pasti paling tidak pernah sekali mendengar mengenai saus guacamole. Tapi tahukah anda bahwa saus guacamole ini merupakan saus alpukat? Ya benar, anda tidak salah membacanya. Saus guacamole adalah saus khas ala Mexico yang menggunakan bahan dasar alpukat. Bahkan bisa dikatakan 98% bahannya adalah alpukat. Mungkin untuk orang Indonesia itu sangat sederhana karena hanya alpukat dihancurkan dan kemudian dijadikan saus. Tapi lebih baik jangan cepat untuk mengambil kesimpulan. Secara logika, akan susah ketika sebuah makanan sederhana bisa menjadi ikon kuliner suatu Negara, kecuali jika makanan sederhana tersebut memang memiliki ciri khas. Baik itu ciri khas dalam penyajiannya ataupun dalam cita rasanya. Dalam hal saus guacamole, sepertinya yang membuat saus ini sangat terkenal bahkan hingga keluar Mexico adalah dalam cara penyajiannya.

Cara penyajian saus guacamole ini tergolong unik karena bisa digunakan pada berbagai macam kudapan. Bisa digunakan pada tacos. Atau sebagai dressing pada nachos. Ataupun bisa juga sebagai pelengkap hidangan yang disajikan dengan cara dipanggan, baik itu ikan, daging, bacon, dan lain sebagainya. Apalagi ditambah dengan cita rasa saus guacamole yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum berbicara mengenai cita rasa, lebih baik ketahui lebih dulu mengenai proses pembuatan saus guacamole. Saus ini dibuat diawali dengan menghancurkan atau menghaluskan alpukat. Menghancurkan dan menghaluskan memiliki makna yang berbeda.

Ketika anda ingin menikmati saus yang memiliki tekstur halus, maka menghaluskan alpukat adalah jawabannya. Sedangkan jika anda menginginkan untuk masih bisa merasakan tekstur alpukatnya, maka lebih baik untuk menghancurkan alpukat saja. Kemudian alpukat yang sudah diproses tersebut ditambahkan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Untuk menambah warna bisa ditambahkan tomat yang sudah dipotong dadu. Bisa juga untuk menyesuaikan lidah Indonesia, ditambahkan garam. Cita rasa yang ditimbulkan dari saus guacamole sesuai dengan bahan yang telah dicampurkan. Sebenarnya cita rasa dasarnya adalah manis dan gurih. Namun jika ingin lebih asam, bisa diperbanyak campuran perasan air lemon atau jeruk nipis. Jika ingin lebih pedas bisa ditambahkan dengan cabai jalapeno.

Proses pembuatan saus guacamole yang sederhana mungkin bisa juga menjadi factor yang menyebabkan saus guacamole bisa mendunia seperti kuliner Mexico yang lainnya. Di Mexico sendiri, hidangan yang menggunakan saus guacamole bisa dijadikan cemilan atau hidangan pembuka yang menjadi pemicu nafsu makan orang yang menikmati hidangan dengan saus guacamole ini. Sehingga orang tersebut memiliki ketertarikan untuk mencoba makanan selanjutnya. Sebenarnya masih ada lagi saus selain saus guacamole yang menjadi ciri khas Mexico, yaitu speerti saus salsa. Nama yang berbeda-beda bisa menunjukkan cita rasa yang diberikan. Tapi memang banyak sekali jenis saus Mexico yang menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya. Maka dari itu banyak kreasi saus guacamole yang lahir sebagai variasi cita rasa makanan Mexico.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!